Langsung ke konten utama

Critical Book Report

CRITICAL BOOK REVIEW (CBR)
CBR ini disusun untuk memenuhi tugas individu
Mata Kuliah Profesi Keguruan
Dosen Pengampu:
Mahariah, M.Ag.





Disusun oleh:
ABDUL HALIMSYAH
0301161050
Sem. V / PAI-1

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN SUMATERA UTARA
2018

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Puji syukur hanya milik Allah SWT. hanya karena izin-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Tidak lupa kami kirimkan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Beserta keluarganya, para sahabatnya, dan seluruh insan yang dikehendaki-Nya.
CBR ini bertujuan untuk memenuhi tugas individu mata kuliah Profesi Keguruan. Dalam penyelesaian CBR ini, reviewer mendapatkan bantuan serta bimbingan dari beberapa pihak. Oleh karena itu, sudah sepantasnya jika reviewer mengucapkan terima kasih kepada :
Ibu Mahariah, M.Ag. selaku dosen mata kuliah Profesi Keguruan.
Orang tua reviewer yang banyak memberikan semangat dan bantuan.
Semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan CBR ini.
Reviewer menyadari, bahwa dalam laporan CBR ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu, reviewer mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan mendatang. Harapan reviewer, semoga laporan CBR ini bermanfaat dan memenuhi harapan berbagai pihak.

Medan,    November   2018

                                                                                            Reviewer

CRITICAL BOOK REPORT (CBR)

1.  IDENTITAS BUKU

Judul Buku : Guru Sebagai Profesi
Penulis : Drs. Suparlan, M.Ed.
Penerbit : Hikayat Publishing
Tahun terbit : 2006
Kota terbit : Yogyakarta
Cetakan : Cetakan ke I
Jumlah Halaman : xii + 172 hlm
Tebal Buku : 15 X 21 cm
ISBN : 979-25-5980-9

2.  RINGKASAN/ DESKRIPSI BUKU
BAB I
PENDAHULUAN
Pada bab di buku ini merupakan pendahulan. Di dalam pendahuluan penulis menjelaskan gambaran umum dari buku ini.

BAB II
SIAPAKAH GURU ITU?
Pada bab ini menjelaskan tentang siapa guru itu? Dalam ini lebih menekankan pembaca untuk mengerti apa sih pengertian guru yang sebenarnya. Di dalam bab ini banyak menjelaskan pengertian-pengetian guru, baik itu secara kata maupun secara bahasa dan pendapat para ahli.

BAB III
APA STATUS, PERAN, dan FUNGSI GURU?
Pada bab ini menjelaskan tentang status seorang guru, bagaimana peran dari seorang guru, serta apa fungsi guru itu.

BAB IV
APA HAK, KEWAJIBAN GURU, KODE ETIK, dan ORGANISASI PROFESI?
Pada bab ini menjelaskan tentang apa saja hak yang harus didapatkan seorang guru, apa saja kewajiban yang harus dipenuhi seorang guru, bagaiaman kode etik seorang guru, serta apa oragnisasi profesi.

BAB V
APA PROFESI, CIRI-CIRI PEKERJAAN SEBAGAI PROFESI, dan APAKAH GURU DAPAT DISEBUT SEBAGAI PROFESI?
Pada bab ini menjelaskan tentang apa pengertian profesi, dan bagaimana ciri-ciri pekerjaan sebagai profesi, dan pada bab ini menjelaskan apakah guru layak disebut sebagai profesi?

BAB VI
APA STANDAR KOMPETENSI GURU?
Pada bab ini menjelaskan tentang standar kompetensi guru, ada empat kompetensi yang harus dimiliki seorang guru yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, prpfesional.

BAB VII
BAGAIMANA PROGRAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU?
Pada  bab ini menjelaskan tentang program-program yang dapat menjadikan guru profesional, serta pembinaan-pembinaan.

BAB VIII
BAGAIMANA SKENARIO PENINGKATAN MUTU GURU dan TENAGA KEPENDIDIKAN
Pada bab ini menjelaskan tentang skenario dalam peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan, pembaca akan dihantarkan kepada strategi atau cara dalam meningkatkan mutu guru dan tenaga kependidikan.

3. ANALISIS BUKU (KEKHASAN DAN KEMUTAKHIRAN KELEBIHAN DAN KELEMAHAN)
a. Kekhasan
Buku ini memiliki ciri khas pada desain yang cukup menarik, kombinasi warna yang bagus dan menampilkan sebuah gambar sehingga ini juga menambah minat para pembaca ketika melihat buku ini. Buku ini juga memiliki keunikan di mana terdapat tabel-tabel, peta konsep, sehingga dapat mempermudah dalam proses pemahaman. Buku ini juga memiliki keunikan lain yaitu di setiap awal bab penulis buku ini memaparkan kata-kata mutiara yang berkaitan dengan pembahasan bab tersebut. Dan buku ini dalam setiap judul bab memakai gaya pertanyaan.


b. Kemutakhiran
Kemukhtahiran yang reviewer dapat dari buku ini terletak pada bab 6 yaitu tentang kompetensi guru. Reviewer mendapatkan informasi baru bahwa kompetensi guru ada sebagian ahli berpendapat ada 10 kompetensi, di mana yang selama ini reviewer hanya mengetahui bahwa kompetensi guru ada 4.

c. Kelebihan Buku
Buku yang berjudul guru sebagai profesi ini sudah sangat baik dalam memaparkan materi-materi. Buku ini pada bagian pendahuluan sudah sudah menghantarkan pembaca kepada isi buku, pada bagian pendahuluan buku ini menggambarkan keseluruhan isi buku.
d. Kelemahan Buku
Buku ini memiliki kelemahan di mana setiap pembahasan atau pengutipan tidak dipaparkan dalam bentuk footnote maupun bodynote.

4. REKOMENDASI
Menurut reviewer buku ini sudah sangat bagus untuk menjadi pedoman seorang guru akan tetapi ada hal-hal yang harus diperbaiki dalam menjelasakan suatu pengetrtian materi yang berbelit-belit.

5. KESIMPULAN
Dari hasil laporan cbr di atas maka reviewer menarik kesimpulan, bahwa :
Buku yang berjudul guru sebagai profesi ini sudah sangat baik dalam memaparkan materi-materi dan sangat relevan. Dalam buku ini juga banyak memaparkan pembahasan tentang bagaimana guru itu? Apakah layak guru disebut sebagai profesi?
Reviewer menyarankan melakukan perbaikan terhadap buku karena ada beberapa masalah seperti dalam membahas suatu pengertian, pembahasannya terlalu berbelit-belit dan rujukan atau kuitpan harus jelas dibuat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Critical Journal Review

CRITICAL JURNAL REVIEW(CJR) CJR ini disusun untuk memenuhi tugas individu Mata Kuliah Telaah Kurikulum Dosen Pengampu: Dr. Hj. Neliwati, S.Ag., M.Pd. Disusun oleh: ABDUL HALIMSYAH 0301161050  Sem. V / PAI-1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTASILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUMATERA UTARA 2018 KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Puji syukur hanya milik Allah SWT. hanya karena izin-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Tidak lupa kami kirimkan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Beserta keluarganya, para sahabatnya, dan seluruh insan yang dikehendaki-Nya. CJR ini bertujuan untuk memenuhi tugas individu mata kuliah Telaah Kurikulum. Dalam penyelesaian CJR ini, reviewer mendapatkan bantuan serta bimbingan dari beberapa pihak. Oleh karena itu, sudah sepantasnya jika reviewer mengucapkan terima kasih kepada : Ibu Dr. Hj. Neliwati, S.Ag, M.Pd., selaku dosen mata kuliah Telaah ...

Alurku

ALURKU Karya Ribda Hariyani Terkadang, bahkan sering , hal yang terjadi tidak sejalan, bahkan jauh dengan yang direncanakan. Ya.. manusia dan kehidupan memang begitu. Namun, Maha Besar Allah yang berhak membolak-balikan hati manusia. Seorang lulusan arsitek menjadi tukang jahit, lalu seorang lulusan pelayaran menjadi pilot, dan seorang alumni pertanian menjadi peternak yang berhasil. Hal demikian secara kasat mata memang tidak mungkin, namun niat, tekad, usaha, kesungguhan, dan atas izin Allah semua itu sangatlah mungkin. Demikian juga dengan diri ini. Diri yang mengemban dua belas tahun sekolah umum, dengan gelutan pengetahuan geografi, sejarah, ekonomi, manajemen, akuntansi, dan sedikit ilmu agama yang terserap saat usia pra sekolah tiba-tiba mengambil jurusan PAI untuk pendidikannya. Bukan hanya teman dan orang yang mengenal yang kaget, diri ini bahkan tidak menyangka. Ya begitulah.. Allah Maha membolak-balikan hati manusia. Sebelumnya, kehidupan akan dunia men...